Udimo

Rabu, 12 Agustus 2015

Budaya Dunia Maya

Budaya dunia maya merupakan budaya yang tumbuh seiring pesatnya pertumbuhan pengguna internet yang semakin berkembang pada saat ini. Pesatnya penggunaan internet pada saat ini menimbulkan hal baru dalam mengekspresikan diri dari penggunanya. Semakin berkembangnya teknelogi di dunia maya semakin bebes juga pengguna internet mengekspresikan diri mereka melalui banyak cara, mulai dari media sosial seperti facebook dan twitter atau bahkan sampai membuat sebuah website pribadi dengan tujuan untuk mengekpresikan hasil dari pemikiran pengguna tersebut.
Hal ini pun memunculkan efek negative tersendiri, mulai dari komentar yang negative terhadap suatu hal tertentu (Hate Speech) atau bahkan sampai melakukan penghinaan terhadap pengguna internet lainnya (Cyber Bullying).
Hal ini pun sangat meresakan pengguna internet yang khususnya menjadi korban dalam hate speech atau cyber bullying. Sehingga pemerintah Indonesia pun turun tangan dalam menangani hal tersebut denagn mengaturnya menggunakan undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
Tidak tanggung-tanggung banyak pengguna internet yang telah terkena jerat hukum dari undang-undang ITE tersebut. Contohnya saja kasus mahasiswa Program Kenotariatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Florance Sihombing yang divonis 2 tahun penjara. Kasus ini bermula pada 28 Agustus 2014, ketika Flo menulis sejumlah status bernada makian di situs jejaring sosial Path, setelah ditolak ketika membeli bahan bakar sepeda motornya, karena dianggap melanggar antrian. Status itu kemudian tersebar di berbagai jejaring sosial lain, dan kemudian menimbulkan kemarahan publik.
Dengan kasus ini dan jerat hukuman yang di berikan Florance Sihombing dapat menjadi pelajaran bagi semua pengguna dunia maya agar lebih bijak dalam menggunakan dunia maya dalam hal mengkritik ataupun hal pribadi lainnya.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Budaya Dunia Maya"

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda mengenai artikel diatas, Terima Kasih!