Udimo

Selasa, 20 Januari 2009

Hutan Kalimantan

Akankah Jadi Kenangan?



Salah! jika orang beranggapan bahwa hutan Kalimantan masih tetap terjaga dan masih diagung-agungkan sebagai salah satu hutan yang terbesar di Indonesia. Lloh.. npa yaa bisa begitu? Para peneliti mengungkapkan bahwa pencarian mereka terhadap spesies-spesies baru di Pulau Kalimantan akan terhambat atau bahkan tergagalkan karena aksi pembukaan lahan pertanian dan perkebunan baru dengan membakar dan menebang hutan, tapi yang paling meresahkan adalah para penebang liar yang merejalela di Indonesia..

Beberapa pelaku konservasi yakin bahwa Kalimantan akan menjadi "Lost World" berikutnya. Sangat disayangkan sekali jika hal itu benar-benar terjadi, karena Kalimantan adalah rumah dari 2000 jenis tumbuhan, lebih dari 350 jenis burung, 150 jenis reptil dan 210 jenis mamalia. orangutan, siaman Kalimantan dan badak Kalimantan merupakan beberapa dari sekian banyak spesies di Kalimantan yang hampir punah.
Tau ga sii! Menurut perhitungan, area kehilangan hutan hujan Kalimantan
sebanding dengan tiga kali luas negara swiss pertahun, atau sekitar 1,3 juta hektar. Gilee.. luas banget yaa.. bakal jadi apa ya hutan Kalimantan 20 tahun mendatang??


Kalimantan merupakan yang terbagi teritori dengan Indonesia, Malaysia dan
Brunei. Oleh sebab itu Pulau Kalimantan renta sekali terhadap illegal logging. Seharusnya Indonesia melakukan perlindungan lebih intensif tehadap pulau yang terletak di utara pulau jawa ini. Seharusnya negara Indonesia juga harus berkaca kepada negara brazil dalam memelihara Hutan Amazon.


Brazil telah berhasil melakukan beberapa kebijakan diantaranya, Hukuman mati bagi para penebang liar, tidak diperbolehkannya wisatawan lokal atau wisatawan asing berkunjung di saat masa-masa reproduksi suatu spesies, pemeriksaan yang ketat terhadap pengunjung yang masuk dan keluar dari hutan Amazon, tidak diperbolehkan mengambil satu jenis spesies pun yang ada di Amazon, dan masih banyak lagi.

Tidak heran bahwa Hutan Amazon dinobatkan sebagai hutan pertama yang mempunyai keanekaragaman hayati terbesar di muka bumi. Harusnya Indonesia malu hanya mendapatkan peringkat kedua dalam mempunyai keanekaragaman hayati terbesar di muka bumi,karena jelas Hutan Indonesia jauh lebih besar dan lebih luas di bandingkan hutan Amazon. Jika penanganan hutan-hutan di Indonesia seperti penanganan Brazil di terhadap hutan Amazon, maka berjuta-juta spesies di bumi Indonesia ini bisa tetap di pertahankan dengan sangat baik.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Hutan Kalimantan"

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda mengenai artikel diatas, Terima Kasih!